Selamat Datang di Blog Kami, Terima Kasih Untuk Semua By Bahar Creative dan inovative

Linux as OS Open source

Sejarah Linux

Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX hal ini dikarenakan kompatiblitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek linux, perkembangan linuk dimulai pada tahun 1991 yang diciptakan oleh Linus Torvalds seorang mahasiswa Finlandia, ia membuat linux sebuah karnel untuk prossesor 80386, prossor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.

Pada Awal perkembangannya, source code linux disediakan secara bebas melaluo internet. hasilnya sejarah linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia. semuanya dilakukan secara eksklusif memalalui internet. dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem ini teleh bertumbuh dimana sudah mampu memasukkan banyak fungsi UNIX. Kernel linux perlu dibedakan dari sebuah sistem Linux. kernel linux merupakan sebuah perangkat lunak original yang dibuat oleh komunitas linux sedangkan sistem linux yang diketahui saat ini mengandung banyak komponen yang dibuat sendiri atau dipinjam dari proyek lain.

Kernel Linux

kernel linux pertama yang dipublikasikan adalah versi 0.01 pada tanggal 14 maret 1991. sistem berkas yang didukung hanya sistem berkas minix. kernel pertama dibuat berdasarkan kerangka minix, tetapi kerangka tersebut sudah mengimplementasi proses UNIX secara tepat. tanggal 14 maret 1994 versi yang merupakan tonggak sejarah linux yaitu versi 1.0 keluar, rilisan ini adalah adalah kulminasi dari 3 tahun perkembangan yang cepat dari lernel linux. 

Kelebihan Linux

1. Bersifat free, artinya pemakai dapat mengakses "source code", mengcopy, mengedit, dan mengdistribusikan secara bebas tanpa membayar lisensi. 

2. Linux dibangun oleh beberapa pengembang yang berbeda-beda dari seluruh dunia sehingga tangguh dan updatable.

3. Linux bersifat mulititasking dan multiorosessor sehingga pliable untuk PC dan network bahkn super komputer.

4. Linux menyerupai MS DOS dengan kelebihan yang didak dimiliki MS DOS seperti aplikasi multiuser, hirarki system, berlisensi.

5. Linux berisfat Multiplatform, memudahkan para software development mengembangkan aplikasi pada sistem ini dan dapat compatible dengan operating system lain etc.

Distro Linux 

1. Red-hat; salah satu distro yang populer di indonesia.

2. slackware; memakai cara kerja sistem lama, hampir semua distro mengacu pada slackware.

3. mandriva; merupakan pengembangan dari mandrake, banyak dipakai untuk pemakai intel pentium untuk kecepatan yang lebih baik.

4. Ubuntu, suse dan masih banyak lagi. 

Komponen sistem linux

sistem linux terdiri dari tiga bagian penting 

a. kernel; bertanggung jawab memelihara semua abraksi proses dan virtual memori.

b. perpustakaan sistem; menetukan kumpulan fungsi standar dimana aplikasi dapat terinteraksi dengna kernel.

c. utilitas sitem; program yang melakukan pekerjaan menejemn secara individu dan khusus.

Posted in Label: |

0 komentar:



Statistik MLM Indonesia