Selamat Datang di Blog Kami, Terima Kasih Untuk Semua By Bahar Creative dan inovative

Mengenal Linux : Ubuntu

Linux merupakan sistem operasi open source yang mungkin sedang naik daun saat ini, yang merupakan saingan dari windows yang memang dari dulu terlah merajai sebagai Sistem operasi yang Top diseluruh dunia, mungkin orang2 barat, OS Linux  sudah byk digunkanan karena dinilai lebih efekif dan efisien, Mungkin kalo saat ini, bisa diibaratkan dengan Handpone CDMA dan GSM yang mungkin awalnya GSM menguasai pasar dunia, tapi saat ini beda lagi, Malah sekarang GSM ikut-ikutan bersaing dengan CDMA dengan tarif yang begitu murah, sama dengan windows mungkin kamu-kamu juga termasuk pengguna MS windows buatan pak bill gates, kemungkinan beberapa tahun lagi akan berpaling ke Linux.
saya juga baru-baru ini mempelajari Linux, ketika itu dosen saya memberikan mata kuliah operating system open sourch, dan disuruh bergabung di linux.or.id yakni komunitas orang2 linux... hehe.. waktu itu saya iseng2 aja saya buka situs www.ubuntu.com, pas waktu baca2... "wah bisa request CD tuh, coba ah kirim".kata saya. lalu saya minta dikirim software ubuntu 9.04 yang berpusat dibelanda. baru beberapa minggu saya mengirim, eh... kemaren tau2 ada yang kirim barang.. kirain apaan.. katanya dapat kiriman dari belanda.. wah jd penasaran ni.. hehe.. rupanya software yang saya pesan dulu... hehe.. happy nya hatiku. buru-buru dech aku install dan coba2 buat belajar.. 
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada DebianUbuntu merupakan project untuk komunitas, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem operasi beserta dengan paket aplikasinya yang bersifat free dan open source, karena Ubuntu mempunyai prinsip untuk selamanya bersifat gratis (free of charge) unstable Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
Nama Ubuntu sendiri diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. Ideologi Ubuntu yaitu tentang kesetiaan dan persahabatan (relationship) dengan sesama. Kata untu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa (“oo-Boon-too”) yang berasal dari konsep kuno Afrika, yang melandasi prinsip dari Republik Afrika Utara dan selaras dengan Ide Renaisance di Orang Afrika.
Tampilan Desktop Ubuntu secara default menggunakan desktop Gnome, namun bukan berarti Ubuntu hanya Gnome saja tapi Ubuntu support terhadap KDE dan diberi nama Kubuntu, sedangkan yang menggunakan desktop XFCE diberi nama Xubuntu, Ubuntu juga tersedia untuk kalangan akademia yang diberi nama Edubuntu yang sangat powerful untuk sekolah karena dapat membantu manajemen sekolah dan menajemen labolatorium dengan baik serta dukungan terhadap hardware tua yang diberi nama online learning. Untuk versi Server tersedia juga Ubuntu Server, Ada banyak lagi distro yg merupakan turunan dari Ubuntu, diantaranya, UbuntuME (Ubuntu Muslim Edition), Blankon, Dewalinux.

Posted in Label: |

0 komentar:



Statistik MLM Indonesia