Selamat Datang di Blog Kami, Terima Kasih Untuk Semua By Bahar Creative dan inovative

Mengenal GPS

Apasih yang dimaksud dengan GPS itu.. Global Position System atau yang lebih dikenal dengan GPS merupakan satu-satunya sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik, soalnya sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan signal gelombang mikro ke bumi. signal ini diterima oleh alat penerima di permukaan bumi, hebat bukan, dan digunkan untuk menetukan posisi, kecepatan, arah dan waktu dengan ketepatan tinggi. sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS rusia, Geloleo Eropa, IRNSS india. 

Mungkin teknologi ini masih jarang dikenal diindonesia Meskipun demikian perkembangan GPS di Indonesia terbilang pesat, terutama teknologi ini dipakai untuk di bidang maritim, militer, servai, pemetaan dan lain-lain. Pengguna perorangan pun sudah menggunakan layanan ini dengan secara gratis ataupun membayar iuran tiap bulan (contoh penggunaan pada Google Earth).
Bagaimana GPS muncul?
Awalnya ide ini berasal dari seseorang  dimasa lampau yang berfikir bagaimana keberadaan kita saat ini, lokasinya dimana, dan akan pergi ke sesuatu tempat yang memerlukan kejelasan lokasi tempatnya... wah.. sungguh pemikirain yang buat orang awam mah ga mungkin,, hehe... terkadang hanya menyebutkan alamat suatu tempat, belum tentu kita menemukan posisi yang dimaksud oleh alamat tadi, ataupun ada kesamaan alamat bisa terjadi pula. hal ini mungkin yang mendasari munculnya GPS.. dahsyat bukan.
Bagaimana sih cara kerjanya?
1. Dasar dari GPS adalah konsep triangulasi dari beberapa satelit.
2. untuk melakukan proses triangulasi, receiver GPS mengukur jarak dengan dasar yang ada di satelit ke receiver GPS kita.
3. untuk mengukur lamanya waktu perjalanan, GPS memerlukan waktu yang sangat akurat dimana dicapai dengan melakukan beberapa trick atau cara.
4. Seiring dengan jarak, kita juga harus mengetahui secara tepat dimana posisi satelit GPS berada. kuncinya adalah mengetahui tinggi orbit satelit GPS dan memantau satelit GPS itu sendiri.
5. terakhir, kamu harus mengkoreksi untuk setiap keterlambatan signal radio GPS setelah melewati perjalanan melalui lapisan atmospare.
Manfaat GPS 
Sistem ini dapat dipakai di segala bidang misalnya :
1. Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang seperti menurunkan arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. dengan cara ini maka kita bisa mengetahui maa teman dan mana lawan utnuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.
2. Navigasi
Banyak digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. beberapa kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi., dengan menambahkan peta maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendaa bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk menacapai tujuan yang diinginkan.
3. Sistem informasi geografis
Untuk keperluan sistem informasi geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta. seperti mengukur jarak perbatasan, atau sebagai referensi pengukuran.
4. sistem pelacakan kendaraan
kegunaan lain GPS sebagai pelacak kendaraan, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraan/aset bergerak berarti saat ini.
5. Pemantauan Gempa
Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordernya hanya mm dalam setahun. pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik.

Posted in Label: |

0 komentar:



Statistik MLM Indonesia