Selamat Datang di Blog Kami, Terima Kasih Untuk Semua By Bahar Creative dan inovative

Tempoyak asam durian

settt.... kayak judul lagu dari daerah jambi aja... Apa sih itu tompoyak? tempoyak itu nama dari sebuah makanan yang diolah dari buah durian yang difermentasi. Mungkin anda yang orang sumatra atau kalimantan serta malaysia makanan ini sudah menjadi khas...

Memang masakan ini cukup banyak diminati, khususnya didaerah saya di jambi, ga tau rasanya gimana.. walau saya  sudah bertahun-tahun tinggal dijambi belum pernah tuh nyicipin nya...  tapi tetangga saya banyak yang doyan, soalnya didaerah saya di muaro jambi tepatnya banyak pohon durian... hehe...jadi gampang pembuatannya karna dekat dengan bahan bakunya..  

Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri) dan dijadikan bumbu masakan. 

Sejarah tempoyak 

Tempoyak turut direkam dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan yang biasanya dikonsumsi harian oleh penduduk Terengganu yang merupakan negara malaysia, ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi melawat Terengganu (sekitar 1836), dengan menyatakan bahawa makanan kegemaran mereka adalah "tempoyak dan pekasam dan petai dan jering dan sebagainya". tapi belum jelas sih dari mana tempoyak itu berasal, yang jelas tempoyak kini  sebagai makanan yang khas diindonesia seperti makanan khas lainya.

Cara Pembuatan Tempoyak

Gulai Ikan Tempoyak (untuk ikan bisa pake ikan apa aja yang jelas ikan tawar)

Bahan :
750 gr ikan air tawar, potong 6 bagian.
2 cm lengkuas memarkan, 1 btg serai memarkan
1 mangkok tempoyak. air secukupnya.
Bumbu yang dihaluskan :
5 bawang merah iris halus, 5 cabe merah iris
halus, 4 cm kunyit iris halus. 1 cm jahe rajang.
Bahan digiling sampai halus.

Pembuatannya :
Isi panci dengan air + /- 1,8 liter, didihkan dengan lengkuas, serai. dan bumbu, aduk sampai adonan harum, masukkan tempoyak, aduk-aduk sampai tercampur semua, cicicp, biasanya tambah gula. Jika mendidih masukkan potongan ikan. Masak sampai ikan lunak. Hidangkan dengan nasi putih dan lalapan..

Selamat Mencoba...!

Posted in Label: |

0 komentar:



Statistik MLM Indonesia