Selamat Datang di Blog Kami, Terima Kasih Untuk Semua By Bahar Creative dan inovative

Pengenanlan Jaringan Komputer

Konsep jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing.

Ada dua model koneksi jaringan yaitu :

1. Pear to pear



Posted in Label: | 0 komentar

Tempoyak asam durian

settt.... kayak judul lagu dari daerah jambi aja... Apa sih itu tompoyak? tempoyak itu nama dari sebuah makanan yang diolah dari buah durian yang difermentasi. Mungkin anda yang orang sumatra atau kalimantan serta malaysia makanan ini sudah menjadi khas...

Memang masakan ini cukup banyak diminati, khususnya didaerah saya di jambi, ga tau rasanya gimana.. walau saya  sudah bertahun-tahun tinggal dijambi belum pernah tuh nyicipin nya...  tapi tetangga saya banyak yang doyan, soalnya didaerah saya di muaro jambi tepatnya banyak pohon durian... hehe...jadi gampang pembuatannya karna dekat dengan bahan bakunya..  

Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri) dan dijadikan bumbu masakan. 

Sejarah tempoyak 

Tempoyak turut direkam dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan yang biasanya dikonsumsi harian oleh penduduk Terengganu yang merupakan negara malaysia, ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi melawat Terengganu (sekitar 1836), dengan menyatakan bahawa makanan kegemaran mereka adalah "tempoyak dan pekasam dan petai dan jering dan sebagainya". tapi belum jelas sih dari mana tempoyak itu berasal, yang jelas tempoyak kini  sebagai makanan yang khas diindonesia seperti makanan khas lainya.

Cara Pembuatan Tempoyak

Gulai Ikan Tempoyak (untuk ikan bisa pake ikan apa aja yang jelas ikan tawar)

Bahan :
750 gr ikan air tawar, potong 6 bagian.
2 cm lengkuas memarkan, 1 btg serai memarkan
1 mangkok tempoyak. air secukupnya.
Bumbu yang dihaluskan :
5 bawang merah iris halus, 5 cabe merah iris
halus, 4 cm kunyit iris halus. 1 cm jahe rajang.
Bahan digiling sampai halus.

Pembuatannya :
Isi panci dengan air + /- 1,8 liter, didihkan dengan lengkuas, serai. dan bumbu, aduk sampai adonan harum, masukkan tempoyak, aduk-aduk sampai tercampur semua, cicicp, biasanya tambah gula. Jika mendidih masukkan potongan ikan. Masak sampai ikan lunak. Hidangkan dengan nasi putih dan lalapan..

Selamat Mencoba...!

Posted in Label: | 0 komentar

analisis dan perancangan sistem

UML (unified modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan objek grafik atau gambar untuk menvisualisasikan, mengekspresikan, membangun dan mendokumentasikan dari sebuah pengembangan software berbasis OO (object oriented). UML sebagai sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata untuk kegunaan komunikasi.
Untuk merancang Sebuah sistem informasi kita dapat menggunakan byk diagram yang terbagi pada UML.
1. Diagram Use case
use case diagram merupakan pemodelan untuk melakukan (behavior) sistem informasi yang akan dibuat. use case mendeskripsikan sebuah interkasi satu aau lebih actor dengan sistem informasi yang akan dibuat. secara kasarnya use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem informasi  dan siapa saja yang akan berhak menggunakan fungsi-fungsi itu.
syarat penamaan pada use case adalah nama didefinisikan sesimpel mugnkin dan dapat dipahami, ada dua hal yang utama pada use case yaitu pendefinisian apa yang disebut aktor dan use case. 
  • aktor merupakan orang, proses atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi  yang akan dibuat diluar sistem infomasi yang akan dibuat itu sendiri. jadi walupun simbol dari aktor adalah digambarkan dengan orang tapi aktor belum tentu merupakan orang.
  • use case merupakan fugnsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unut atua aktor disimbolkan dengan lingkaran.
  • asosiasi / association adalah komunikasi antara aktor dan use case yang berpartisipasi pada use case atau use case memiliki interksi dengan aktor digambarkan dengan garis lurus.
  • relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri sendri walau tanpa use case tambahan itu. mirip dengan prinsip inhertance pada pemograman berorientsi objek, biasanya use case tambahan memiliki nama depan yang sama dengan use case yang ditambahkan.
  • generalisasi adalah hubungan genelisasi dan spesialisasi (umum - khusus ) antara dua buah use case dimana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari lainnya.
  • menggunakan include  / use : relasi use tambahan ke sebuah use case dmana use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan usecase ini.

ada dua sudut pandang yang cukup besar mengenai include di use case.

- include berarti use cse yang ditambahkan akan selalu dipanggil saat use case tambahan dijalankan.

- include berarti use case yang tambahan akan selalu emlakukan pengecekan apakah ise case yang  ditambahkan telah dijalankan.

Posted in Label: | 0 komentar

Metode Simpleks (Lanjutan Metode grafis)

sekarang kita mulai belajar metode simplek, karena metode grafik tidak dapt menyelesaikan persoalan linier program yang memiliki variabel keputusan yang cukup besar atau lebih dari dua, maka untuk menyelesaikannya digunakan metode simpleks.

1. Nilai kanan (NK / RHS) fungsi tujuan harus nol (0).

2. Nilai kanan (RHS) fungsi kendala harus positif. Apabila negatif,  nilai tersebut harus dikalikan –1.

3. Fungsi kendala dengan tanda “<=” harus diubah ke bentuk “=” dengan menambahkan variabel slack/surplus. Variabel slack/surplus disebut juga variabel dasar.

4. Fungsi kendala dengan tanda “>=” diubah ke bentuk “<=” dengan cara mengalikan dengan –1, lalu diubah ke bentuk persamaan dengan ditambahkan variabel slack. Kemudian karena RHS-nya negatif, dikalikan lagi dengan –1 dan ditambah artificial variabel (M). 5. Fungsi kendala dengan tanda “=” harus ditambah artificial variabel (M).

Contoh soal

Zmax = 60x1+30x2+20x3

Berdasarkan :

1. 8x1 + 6x2 + x3 <=48

2. 4x1 + 2x2 + 3/2 x3 <=20

3. 2x1 + 3/2x2 + 1/2x3 <=5

Langkah-langkah :

a. Bentuk Standar

z = 60x1 + 30x2 + 30x3 + 20x3                = 0;

       8x1 +  2x2 + x3 + s1                              =48;

       4x1 + 2x2 + 3/2x3 + s2                       =20;

        2x1 + 3/2 x2  + 1/2x3 + s3                 = 8;

                   x2                             +s4              =5;

b. Bentuk Kelompok

Jadi setelah membuat bentuk standar lalu yang menjadi Untuk mengerjakan metode simpleks apa bila di cari Z maksimal Maka pada Variabel Z maks kita ubah tanda "+" menjadi "-".

z - 60X1 - 30X2 - 20X3                     =0;

      8X1 + 2X2 + X3 + S1                    =48;

      4X1 + 2X2 + 3/2X3 +S2                =20;

       2X1 + 3/2X2 + 1/2X3 + S3          =8;

                     x2                             +S4    =5;

Setelah Selesai kita akan membuat tabel Simpleks, apabila Variabel basis di Z nya masih ada yang "-" atau min maka kita harus mengerjakan lagi sampai tidak ada min di daerah basis Z, jika sudah diketahui berarti apabila sudah Plus atau "+" semuanya itulah berarti sudah beres dalam memaksimalkannya.


Iterasi Z = 0

VB
Z
X1
X2
X3
S1
S2
S3
S4RK
Z1
-60
-30-20
0
0
0
0
0
S10
8
6
1
1
0
0
0
48
S20
4
2
3/2
0
1
00
20
S30
2
3/2
1/20
0
1
08
S4
0
0
1
0
00
0
15

Pada iterasi 0, Z nya masih 0 belum merupakan kondisi yang optimal karena masih ada nilai koefisiesi Z yang bernilai negatif, karena koefisiensi X1 lebih negatif yaitu nilainya -60 diantara yg lain maka X1 menjadi EV (entring variable) yang mulanya menjadi NVB (Non Variable basis)  menggantikan S3, selanjutnya pilih rasio caranya rasio = RK/koefisiensi (EV), berarti kita memilih angka 2 karena dipilih yang terkecil jumlah hasil baginya karena 8/2 = 4. karena Rasio dari S3 paling kecil maka S3 menjadi LV (leaving variable). lalu kerjakan selanjutnya seperti cara seperti ini.


Iterasi Z = 1

VB
Z
X1X2X3S1S2S3S4
RK
Z
1
0
15
-5
0
0300
240
S10
00
-1
1
0-4
016
S20
0
-1
1/2
01
-2
0
4
X101
3/4
1/4
00
1/20
4
S300
1
000
0
15


Dari hasil diatas dapat diketahui bahwa :
Z = 240, X1 = 4, X2 = 0, X3 = 0, S1 = 16 S2 = 4 S3 = 0, S4 = 5.

Posted in Label: | 0 komentar

counter strike 1.6

Posted in Label: | 0 komentar

Riset Operasi

Riset Operasi merupakan metode untuk memformulasikan dan merumuskan permasalahan sehari-hari baik mengenai bisnis, ekonomi, sosial maupun bidang lainnya kedalam pemodelan matematis utnuk mendapatkan solusi yang optimal.

Pemodelan matematis

Metode Grafis

merupakan salah satu model matematika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi yaitu memaksimumkan atau meminimumkan fungsi tujuan yang bergantung pada sejumlah variable input. 

contoh soal :

PT Bukit Subur  Memproduksi dua jenis mainan yang tebuat dari kayu, yang berupa boneka dan kereta api. boneka dijual dengan harga Rp. 27.000 / lusin yang setiap lusinnya memerlukan biaya sebesar Rp. 10.000 serta biaaya tenaga kerja sebesar Rp. 14.000. kereta api yang dijual seharga Rp. 21.000 /lusin memerlukan biaya material sebesar Rp. 9.000 dan biaya tenaga kerja sebesar Rp. 10.000. untuk membuat boneka dan kereta api ini diperlukan dua kelompok tenaga kerja, yaitu tukang kayu dan tukang poles. setiap lusin boneka memerlukan 2 jam pemolesan dan 1 jam pekerjaan kayu. sedang setiap lusin kereta api memerlukan 1 jam pemolesan dan 1 jam pekerjaan kayu. meskipun setiap minggunya perusahaan dapat memenuhi seluruh material yang diperlukan, jam kerja hanya 100 jam untuk pemolesan dan 80 jam untuk pekerjaan kayu. dari pengamatan pasar selama ini bahwa kebutuhan akan kereta api tidak terbatas, tetapi untuk boneka tidak lebih dari 40 lusin yang terjual tiap minggunya. bagaimana formulasi dari persoalan diatas untuk mengetahui berapa lusin jumlah mainan-mainan yang harus dibuat setiap minggunya agar diperoleh keuntungan maksimal ?

Langkah -  langkah :

1. Menentukan variabel 

x = boneka;

y = kereta api;

2. Fungsi tujuan 

Zmax = 3000 x + 2000 y (mencari keuntugnan maksimal)

didapat dari : harga jual - modal, 27.000-(10.000+14.000) = 3000 dan

21.000 - (10.000+9000)=2000;

3. Fungsi Kendala atau batasan

- 2x + y <=  100 (boneka),  jadi (x = 5o, y=100)

- x + y <=80 (kereta api), jadi (x=80, y = 80)

x <= 40, x<=0, y <= 0;

4. Membuat Grafik 

Penyelesaian :

a. (0,0) = 0;

b. (40,0) = 40.3000 + 0 = 120.000;

c. Merupakan tipot antara 2x+y=100 dan x=40:

2x+y=100, x = 40 jadi  2.40+ y=100

y= 100-80 = 20 jadi diketahui nilai x = 40 dan y = 20 

(40,20) = 4.3000 + 20.2000 = 120.000 + 40.000 = 160.000;

e. (0.80) = 0 + 80.2000 = 160.000;

d. Juga merupakan tipot buat denga eliminasi : 


 (50,30) = 50.3000 + 30. 2000 = 150.000-60.000 = 210.000.
Jadi dapat diketahui untuk keuntungan maksimalnya adalah Rp. 210.000 pada saat memproduksi boneka/x sama dengan 50 lusin dan kereta api/y sebanyak 30 lusin.

Posted in Label: | 0 komentar

Tom Clancy's End War

Sukses dengan serie rainbow six, tom clancy coba peruntungannya membuat game baru jenis stategy, namun dengan banyaknya variasi game stategi, tak banyak eksplorasi dan inovasi baru dari sisi gameplay yang bisa dilakukan. clancy pun mengambil langkah dramatis yaitu dengan menginput game. kali ini input game tidak lagi mengandalkan metode konvensional dengan mouse dan keyboard, namun game ini memperkenalkan input command melalui suara. keren bukan...
Awal game ini dibuka dengan voice trainer game ini akan melakukan kalibrasi suara dan sekaligus memperkenalkan perintah yang disebutkan untuk pasukan kamu. 

Posted in Label: | 0 komentar

Linux as OS Open source

Sejarah Linux

Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX hal ini dikarenakan kompatiblitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek linux, perkembangan linuk dimulai pada tahun 1991 yang diciptakan oleh Linus Torvalds seorang mahasiswa Finlandia, ia membuat linux sebuah karnel untuk prossesor 80386, prossor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.

Pada Awal perkembangannya, source code linux disediakan secara bebas melaluo internet. hasilnya sejarah linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia. semuanya dilakukan secara eksklusif memalalui internet. dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem ini teleh bertumbuh dimana sudah mampu memasukkan banyak fungsi UNIX. Kernel linux perlu dibedakan dari sebuah sistem Linux. kernel linux merupakan sebuah perangkat lunak original yang dibuat oleh komunitas linux sedangkan sistem linux yang diketahui saat ini mengandung banyak komponen yang dibuat sendiri atau dipinjam dari proyek lain.

Kernel Linux

kernel linux pertama yang dipublikasikan adalah versi 0.01 pada tanggal 14 maret 1991. sistem berkas yang didukung hanya sistem berkas minix. kernel pertama dibuat berdasarkan kerangka minix, tetapi kerangka tersebut sudah mengimplementasi proses UNIX secara tepat. tanggal 14 maret 1994 versi yang merupakan tonggak sejarah linux yaitu versi 1.0 keluar, rilisan ini adalah adalah kulminasi dari 3 tahun perkembangan yang cepat dari lernel linux. 

Kelebihan Linux

1. Bersifat free, artinya pemakai dapat mengakses "source code", mengcopy, mengedit, dan mengdistribusikan secara bebas tanpa membayar lisensi. 

2. Linux dibangun oleh beberapa pengembang yang berbeda-beda dari seluruh dunia sehingga tangguh dan updatable.

3. Linux bersifat mulititasking dan multiorosessor sehingga pliable untuk PC dan network bahkn super komputer.

4. Linux menyerupai MS DOS dengan kelebihan yang didak dimiliki MS DOS seperti aplikasi multiuser, hirarki system, berlisensi.

5. Linux berisfat Multiplatform, memudahkan para software development mengembangkan aplikasi pada sistem ini dan dapat compatible dengan operating system lain etc.

Distro Linux 

1. Red-hat; salah satu distro yang populer di indonesia.

2. slackware; memakai cara kerja sistem lama, hampir semua distro mengacu pada slackware.

3. mandriva; merupakan pengembangan dari mandrake, banyak dipakai untuk pemakai intel pentium untuk kecepatan yang lebih baik.

4. Ubuntu, suse dan masih banyak lagi. 

Komponen sistem linux

sistem linux terdiri dari tiga bagian penting 

a. kernel; bertanggung jawab memelihara semua abraksi proses dan virtual memori.

b. perpustakaan sistem; menetukan kumpulan fungsi standar dimana aplikasi dapat terinteraksi dengna kernel.

c. utilitas sitem; program yang melakukan pekerjaan menejemn secara individu dan khusus.

Posted in Label: | 0 komentar

Tentang film TROY

Yang uda pada nonton film ini pasti seru... ia.. hehe..hehe..  film yang disutradarai Oleh Wolfgang Pietersen ini menceritakan kisah perang troya yang menempatkan mitologi Yunani kuno yang sebagai seorang kesatrianya. Kisah film ini bermula saat pangeran troya, paris yang terkenal dan hecktor yang pemberani, bertamu ke Sparta. Disana si paris melihat kecantikan si Helen, isitinya dari Menelaus, ceritanya si Helen merana dengan pernikahannya dengan manelaus yang kejam, sehingga ia berniat melarikan diri. Lalu paris menyelamatkan Helen dan mengajaknya untuk ikut pulang bersama paris ke troya.
Manelaus yang sadar bahwa istrinya hilang mendapat laporan dari budak kapal bahwa Helen ikut dalam kapal para pangeran troya. Menelaus segera menghubungi kakaknya, raja Mycenae agamemmnon untuk membantunya merebut Helen kembali. 
Lalu agamemmnon mengutus odysssus seorang raja yunani untuk membawa Achilles sebagai kesatria yang tangguh yang terkenal keberanian dan kekuatannya itu. Lalu dengan perintah sang ibu Achilles dan sepupunya petroclus pun ikut berangkat menuju medan perang menuju kerajaan troy. 

Setelah para pasukan dari Sparta tiba di pantai troya langsung menyerbu kuil Apollo lalu menghancurkan, membunuh dan memporakporandakan kuil tersebut. Lalu menawan keluarga kerajaan troy yaitu breseis yang dijadikan sebagai tawanan bagi Achilles.

Tanpa sepengetahuan Achilles, breseis dibawa kehadapan Agamemnon yang dijadikan umpan buat Achilles agar tunduk padanya. Achilles menantang Agamemnon berperang namun kata2 breseis bisa menenangkan Achilles. Lalu Achilles membawa breseis ke dendanya. Lalu Achilles pun terpikat pada breseis dan jatuh cinta pada kelembutannya.
Pertempuran berikutnya merupakan sebuah duel kehormatan antara paris dan manleus. Sparta dan troy membuat perjanjian, bahwa siapa yang menang harus menanggung konsekuensinya. Paris yang lemah ternyata kalah tak sanggup duel dengan manaleus tapi pangeran hecktor melindungi paris, lalu hector menancapkan perangnya keperut manaleus hingga mati. Karena merasa telah mengingkari janji yang telah disepakati maka terjadilah peperangan, Namun pasukan pemanah troy yang berada di atas diding yang tinggi itu berhasil memukul mundur pasukan Sparta. 

Saat malam tiba pasukan troy menggempur bola api kearah tempat peristirahatan dipingir pantai yang dijadikan sebagai markasnya. Lalu keesokan harinya terjadilah perang lagi, namun Achilles yang tidak ikut perang, sehingga sepupunya menyamar sebagai Achilles dan menjadi pimpinan pasukan perang. Sayangnya patriclus yang mengobarkan semangat untuk berperang itu terbunuh oleh pangeran hecktor saat berduel dengannya. 

Mengetahui Kematian sepupunya itu dibunuh oleh Pangeran hecktor, Achilles pun marah besar. Hecktor sadar bahwasnya Achilles pasti akan membalas dendamnya. Maka malam itu hecktor menunjukkan jalan rahasia kepada istrinya Adromache untuk menyelamatkan diri jika kerajaan troya hancur, karena hecktor memiliki firasat bahwa dia akan mati ditangan Achilles. Setelah Menjelang siang hari Datanglah Achilles Seorang diri dengan gagah berani didepan pintu gerbang kerajaan troya dengan berteriak memanggil nama hecktor. Disitulah Terjadi duel antara Hecktor dengan Achilles, dengan kehebatan dan kekuatan Achilles akhirnya Hecktor pun mati ditangan Achilles Dan kemudian membawa jasadnya ke markasnya Sparta. Tiba-tiba ayah dari pangeran Hecktor pun datang meminta agar jasad anaknya dikembalikan, Lalu si Achilles pun menurutinya dan wanita yang merupakan keluarga dari kerajaan troy, breseis pun disuruh ikut pulang.
Kematian Hector adalah puncak kekalahan Troya. Priam di kelabui oleh pasukan Yunani dan Achilles, seolah-olah mereka sudah pergi dari tanah Troya. Sebuah patung kayu berbentuk Kuda raksasa dibangun oleh Yunani dan Aagean di depan pintu pagar Troya. Priam dan rakyat Troya beranggapan bahwa itu adalah kiriman dewa. Maka patung itu di bawa masuk. Rupanya patung itu berisi Odessey, Achilles dan pasukan lainnya. Di malam hari saat semua rakyat tertidur, pasukan Yunani menghancurkan dan memporak porandakan Troya. Raja Priam mati di tangan Agamemnon. Sementara Agamemmnon sendiri mati di tangan Breseis yang menusuknya dengan pisau kecil tepat di lehernya.
Achilles mencari Breseis kemana-mana, dan menemukan Breseis di hadang Agamemnon. Saat Achilles tiba di tempat Breseis, ia begitu bahagia bisa menemukan kekasih hatinya. Namun peristiwa itu di salah artikan oleh Paris yang juga mencari sepupunya itu. Ia memanah beberapa kali di dada Achilles, dan akhirnya kesatria singa itu gugur.... hehe... sedih 
The END...................................

Posted in Label: | 0 komentar

hosting gratis

Mugkin waktu dulu udah pernah di ajarin bagaimana membuat halaman web, jadi sekarang bagaimana sebuah web bisa dipublikasikan di internet hasil pekerjaan yang kita agar bisa diakses di seluruh dunia tapi kali ini kita pakai yang gratisan aja... hehe..hehe.. ngirit.

untuk melakukan proses publikasi nya kita akan menggunakan www.geocities.com karena merupakan server yang menyediakan tempat gratisan... walau kapasitasnya limited.

1. Mendaftarkan Alamat web

langkah-langkahnya :

  • kamu buka dulu situs www.geocities.com sampe keluar jendela geocities ditampilkan lalu pilih sigh up.

Posted in Label: | 0 komentar

Pengen Tau, Dodol Garut

Cerita tentang makanan nie.. hehe..hehe jadi laper.. waktu liburan Semester tahun maren... jalan-jalan nie ke garut pake motor ama temen2 kelas.. lumayan mengasyikkan lah.. hehe.. tempatnya bagus-bagus walau jalannya naek turun gitu. Kalo ngomongin soal garut pasti yang terbayang... yang terkenal di garut.. apa yach? pasti na kalo ga Domba.. Dodol na, bukan!!!.... hehe..hehe.. ngomong2 soal dodol nie.. kayak na dodol garut udah lumanyan dikenal oleh masyarakat seluruh indonesia kayak na mungkin dari cita rasanya kali yach.. 
Dodol garut emang makanan khas dari kabupaten garut, jawa barat. Liat aja ditoko-toko pa dipasar2 di garut.. wah.. rame tuh dodol-dodol...  dan setiap daerah pasti ada tuh dodol.. cuma namanya beda-beda kali yach..liat aja banyak tuh ada dodol nanas subang, dodol betawi, dodol cina dan ada pula dodol garut... mungkin masih bayak lagi dodol-dodol yang lain... habis na teu apal.. hehe..hehe. Tapi mungkin yang terkenal saat ini sih emang dodol garut.. kata-katanya nie sekarang dodol garut udah di ekspor ke manca negara... wah hebat bukan.. sebuah prestasi yang membanggakan.
Orang-orang nie banyak yang menyukai dodol garut karena rasanya yang manis dan rasa yang khas yang membedakan dengan dodol-dodol yang ada di indonesia. seperti dodol-dodol lainnya awalnya dodol garut ini merupakan makanan tradisional orang-orang rumahan. trus dodol garut udah dikenal sejak zaman belanda... waw.. udah lama juga yach... noni-noni belanda jago tuh buat dodol garut selain untuk makan sendiri juga untuk di jual.
 
dodol garut banyak ragamnya lho..  Ada dodol ketan, dodol kacang, dodol buah-buahan, ada pula angleng. Jika kita berkunjung ke toko-toko penjual oleh-oleh khas Garut, akan kita temui berbagai ragam dodol Garut dalam kemasan yang berbeda. Jika dodol ketan dan buah - buahan dibungkus dengan kertas minyak atau plastik, dodol kacang dan angleng biasanya dibungkus dengan daun jagung kering. Berbagai jenis.
Mau?... lebih enaknya dateng aja langsung ke daerahnya.. biar tau  makan dodol asli garutnya.... hehe..hehe.. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan Untuk membuat dodol garut :
Tepung ketan 16-17 kg, tepung terigu 1 kg, gula pasir 30 kg, lemak sapi secukupnya, mentega secukupnya, pewarna makanan (jika diperlukan), bubuk coklat (jika diperlukan), kelapa 25 butir (dibuat santan kental dan santan cair).
cara pembuatannya :
1. Santan kental dimasak di dalam wajan besar hingga mendidih.
2. Adonan tepung yang sudah dicampur dengan santan encer dimasukkan ke dalam wajan.
3. Aduk terus sampai 80 persen matang, jika perlu dicicipi.
4. Masukkan gula, sambil aduk terus.
5. Masukkan lemak sapi, sambil diaduk terus.
6. Masukkan penyedap coklat/pewarna jika diperlukan, sambil diaduk terus hingga matang 100 persen.
7. Angkat dari kompor, masukkan ke dalam loyang-loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Didinginkan selama satu malam.
8. Keesokan harinya, dodol siap dipotong-potong dan dibungkus. Dodol yang diproduksi ini menjadi sekitar 59-60 kg dodol bungkus. 
Menurut Dinas Perindag KUKM kab. garut wilayah pemasaran dari dodol garut sudah dipasarkan di hampir seluruh wilayah indonesia dan manca negara yakni Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali , Brunai, Malayasia, Jepang, Arab Saudi, Singapura, Inggris.
reference by pemerintah kab. garut (garutkab.go.id)


Posted in Label: | 0 komentar

Pengantar program VB 6.0

Mari kita belajar Vb bareng yukkk....!!! ya mungkin VB 6.0 sudah ga gaul lagi karena sekarang sudah ada Vb.net tapi ga papa kan kalo kita belajar mah.. biar tau dikit2.. ya mungkin penulisan syntaknya ga beda2 amat... toh masih banyak kan yang lum bisa sama sekali pake Vb.. malahan dikampus-kampus masih dipake tuh vb 6.0 tapi ga tau tuh kalo di dunia usaha... he..hehe.. visual basic merupakan bahasa pemograman di gunakan untuk membuat suatu aplikasi windows yang berbasis grafis ato bahasa kerennya GUI (grafic user Interface).. hehe..hehe.. dan berbasis windows.

Dalam membuat program ini didasarkan atas kejadian yang dikendalikan oleh user (event-drive programming), yakni program yang menggunkan reaksi dari user berupa kejadian (event) tertentu seperti ketika si user na mengklik tombol, menggeser sebuah objek dll. bila user melakukan sebuah tindakan maka kode program yang diketikkan dalam kejadian tersebut maka programa akan dijalankan.

dalam membuat sebuah proyek pemograman ada beberapa yang harus diperhatikan :

- form antar muka (interface).

- komponen/objek yang digunakan sebagai program visualnya.

- pengaturan kompone/objek pada jendela propertis.

- kejadian yang ditangani terhadap sebuah komponen/objek.

- procedur, fungsi dan bahasa yang dipakai pada program tersebut.

Tampilan Microsoft Visual Basic terdiri atas : 1. jendela utama (main windows), 2. jendela form, 3. jendela proyek, 4. jendela properti, 5. jendela objek, 6.endela kode. 7. jendela keluaran form.

Untuk lebih Jelasnya mari hayu.. tak kenalin ma program visaul basic ini hampir sama sih ama delphi.. ya gitu2 aja.. hehe..hehe

gambar diatas merupakan komponen-komponen yang terdapat pada visual basic..  selamat mencoba menggunakan program visual basic... semangat!!! 

Posted in Label: | 0 komentar

persamaan kuadrat

apa sih persamaan kuadrat......... persamaan kuadrat adalah persamaan  yang mempunyai pangkat tertinggi dua (2). bentuk umum dari persamaan kuadrat adalah :

 

1. Menentukan Akar-akar persamaan kuadrat

Posted in Label: | 0 komentar

FEAR 2

Hayo para gammer mania........... kali ini saya akan memberikan sebuah deskripsi tentang game FEAR yang berhasil memikat para pencinta game dengan menerapkan gameplay yang terbukti sukses di game lain. sebut saja penggabungan tembak menembak dengan element supranatural dan akhir-akhir ini banyak digunakan.  Efek slow-motion! FEAR 2 pun tetap mengikuti jejak pendahulunya, selain menganut formula yang sama, FEAR 2 : project origin tetap memiliki keterkaitan dengan versi sebelumnya. 
Disini kita juga akan menjumpai penampakan dan keterlibatan Alma, seorang gadis kecil misterius dengan kemampuan Psychis.
Sekuel ini berkisah tentang michael becket, seorang anggota pasukan khusus yang ditugaskan bersama teamnya mengevaluasi Genevieve Aristide direktur Aramacham Techonology Corporation, tetapi tanpa disadari becket, aristide ternyata punya rencana sendiri. 
Sebagai sebuah sekuel, FEAR 2 telah mengalami beberapa perbaikan dan perubahan. misalnya, kamu kini bisa membawa hingga empat jenis senjata. tak hanya itu gameplay saat bertempur pun diubah beberapa senjata shotgun yang dulu sangat efektif untuk menghadapi  kini dikurangi kadar keefektifannya. tak ayal pertarungan jadi lebih menantang. tak hanya itu , game ini juga menambahkan cover system, yakni menggunakan element  lingkungan sebagai pelindung. becket bisa menggulingkan meja atau kursi dan berlindung dibaliknya. 
element lingkungan adalah hal lain yang mengalami penyempurnaan. lingkungan pada seri ke-2 ini terasa lebih luas dan terbuka.  meski permainan linier tetapi kemungkian tersesat tetap bisa terjadi. kualitas grafik yang bagus dan didukungan kualitas suara yang terkadang sangat mencekam membuat game ini mengasyikkan untuk dimainkan.
sebagai becket, kamu berkesempatan mengunakan banyak senjata mulai dari pistol, submachine gun, shotgun, hingga naplm cannon, plasma riffle da hammerhead. semakin powerfull sebuah senjata diiringi dengan semakin sedikit animasi yang tersedia. musuh yang beraneka mulai dari prajurit  biasa, monster sampai mech. sayang Al-nya tak secerdas gane sebelumnya. meski dengan begitu beberapa berubahan seperti disebutkan diatas, pertempuran di FEAR 2 tetap emanantang dan mampu menguji skill kamu.
apabila kamu berminat buru atuh... di coba... pasti bakal seru tuh.. dikemas dalam 3 DVD membutuhkan harddisk yang lumayan gede sih. dengan kebutuhan minimum intel P4  2.8Ghz, Amd athlon 64 3000+ dengan Ram 1 Gb. VGA 256 Mb dan harddisk minimal 120 Gb,, kamu sudah bisa bermain game ini. bisa ngeLAN dan melalui Internet Uga.... 
Selamat Mencoba yach... Pasti suasana mu semakin Happy..!!
reperensi by www.whatisfear.com

Posted in Label: | 0 komentar

The Loar OF the Rings

The return of the king adalah judul film terakhir dari load of the ring untuk versi filmnya, tapi ngak berlaku di versi gamenya. sekarang ah kita udah dapet main sekuel dari judul tersebut dlm the trird age ini. ya walo sama2 LOR, the third age ini beda dengan serial game LOR lain na yang muncul dalam Genre acrion. disini kita akan menemukan petualangan LOR dengan nuansa yg berbeda dlm format RPG, yang gamenya bisa dikatain mirip ama kepunyaan FF series loh!! so.. be prepare guys!! the great war has been wait for u!!

Tentang bermain game ini

Di dalam The Third Age ini petualanganmu akan terbagi menjadi beberapa Chapter. Masing-masing Chapter kamu harus menyelesaikan semua Quest yang akan ditemukan seiring dengan jauhnya perjalananmu untuk dapat menyelesaian game ini hingga 100%. N' buat kamu-kamu yang masih penasaran dengan cerita versi Filmnya, di dalam game ini kamupun dapat mengumpulkan Scene/Movie yang dapat mengisi semua kekosongan dan misteri yang ada pada LOR versi filmnya. Gimana? Kheren khan!!

O iya!! Di dalam permainan, kamu sesekali akan menemukan sebuah icon yang terletak di sebelah kiri atas layar dengan warna Biru dan Merah. Di mana warna Biru menunjukan bahwa kehadiran musuh sudah dekat, jadi bila ada ikon ini lakukanlah persiapan untuk melakukan Battle. Sedangkan warna Merah nenunjukan pada kehadiran beberapa antek-anteknya Souron atau bisa juga menunjukan Main Quest yang harus kamu selesaikan. Selain itu ada juga sebuah peta yang terletak di sebelah kanan atas yang tentu saja sangat
membantumu menjelajahi semua chapter pada game ini. Dan di dalam peta tersebut terdapat sebuah tanda merah yang merupakan suatu tanda untuk menentukan di mana quest yang selanjutnya berada. Biar nggak nyasar gitoe!!!!

Karakter dan Pertarungan

Untuk battle sistemnya, layaknya seperti game-game RPG lainya di sinipun kamu akan menemukan beberapa gerakan seperti attack, skill (beda-beda tiap karakter), defense dan tentu saja magic. Selain itu di sini kamu juga bisa menggunakan "The Ring"mu untuk mengeluarkan teknik yang disebut dengan Perfect Mode, tapi untuk mengeluarkan teknik tersebut sebelumnya kamu harus mengisi penuh dulu apa yang disebut dengan momentum level (lihat pojok kanan bawah di saat kamu melakukan Battle) dengan cara memberikan Damage yang sempurna pada musuhmu. Lalu untuk karakternya, kamu akan menemukan beberapa karakter baru yang sebelumnya belum pernah ditampilkan dalam seri-seri sebelumnya, misalnya: Berethor, Indrial, Elegost dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi walaupun demikian disinipun kamu juga akan menemukan karakter-karakter yang sudah pernah ada pada versi filmnya, seperti: Aragon, Gandalf, Legolas dan Gimli.

Setiap karakter (Party Member) yang kamu temukan di sepanjang perjalanmu akan memiliki Skill masing-masing yang akan sangat membantumu untuk menghadapi musuh-musuh tertentu, misalnya skill Orc Bane milik Berethor sangat ampuh untuk untuk menghabisi musuh yang berjenis Orc. Begitu pula dengan karakter lainya seperti: Skill creature bane milik Elegost ampuh untuk melawan musuh dengan jenis binatang, lalu skill Goblin bane milik Hadhod ampuh untuk melawan para Goblin. Jadi untuk itu rajin-rajinlah dalam mempelajari skill dari masing-masing karakter. Selain itu tiap karakter kamupun dapat di equip perlengkapannya untuk menambah kekuatan serangan ataupun pertahanannya. Dan untuk melakukan hal tersebut kamu harus masuk menu mode dulu (tekan p), lalu pilih karakter yang mau kamu equip dan terakhir pilih New Equipment untuk memasangkannya pada karakter tesebut. Tapi bila kamu nggak sepat melakukan itu, dalam battle pun kamu juga bisa meng-equip perlengkapanmu walaupun hanya sebatas senjata saja.

Reverensi By : Andeswara (hotgame)

Posted in Label: | 0 komentar

Seleksi kondisi pada Delphi 7.0

Delphi adalah pemograman yang visual merupakan pengembangan dari bahasa pascal sebab syntak-syntak yang digunakan sama dengan syntak dari pascal, bila kita sudah paham mengenai pascal maka akan terasa mudah bila menggunakan delphi, cuma tambahan pada delphi dapat digunakan untuk pemograman database. mungkin sekarang versi terbaru Delphi 9.0 tuh.. sok aja cari.. hehe.. hehe tar urang menta mentahannya aja yach... hehe... .

Contoh soal : sebuah rental VCD memberlakukan seorang peminjam hanya boleh meminjam jenis VCD saja yaitu Film Indonesia atau Asing dan boleh meminjam banyak VCD baik yang original maupun non original. bila sudah terdaftar sebagai anggota mendapatkan diskom 10 %, demikian daftar harga :


Jenis VCDHarga ORGHarga NonORG
IndonesiaRp.50.000Rp.5.000
asingRp.70.000Rp.7.000

Hasil Program : 

pengaturan properti :





ObjekPropertiPengaturan
Form1NameFrental
 captionSlamet Rohadi
Text1CaptionProgram Rental VCD"bahar makmur"
Text2captionJenis Film yang di pinjam
Combobox1namecjenis
 ItemIndonesia, Asing
 Item Index0
Groupbox1captionJenis VCD
Chexbox1,2captionOriginal dan Non original
 name(1. choriginal), (2. chnonorgil)
Edit1,2,3,4,5text 0
Button1,2,3caption1. proses 2. ulang 3. keluar

Kode Program :

Buat listing program ini di tombol Proses  

procedure Frental.prosesClick(Sender: TObject);
VAR
HARGA, SUBTOTAL, DISKON, TOTAL,JMIN,JMNO: REAL;
JOR,JNO :INTEGER;
begin

IF cjenis.Text = 'ASING' THEN
BEGIN
IF CHECKBOX1.Checked = TRUE THEN
BEGIN
JOR :=strtoint (edit1.Text );
HARGA :=70000;
JMIN := JOR * HARGA;
END
ELSE IF JOR = 0 THEN
BEGIN
JMIN :=0;
END;
IF CheckBox2.Checked = TRUE THEN
BEGIN
JNO :=strtoint (edit2.Text );
HARGA :=7000;
JMNO := JNO * HARGA;
END
ELSE IF CheckBox2.Checked = TRUE THEN
BEGIN
JMIN :=0;
END;
END;

IF cjenis.Text = 'INDONESIA' THEN
BEGIN
IF CHECKBOX1.Checked = TRUE THEN
BEGIN
JOR :=strtoint (edit1.Text );
HARGA :=50000;
JMIN := JOR * HARGA;
END
ELSE IF JOR = 0 THEN
BEGIN
JMIN :=0;
END;
IF CheckBox2.Checked = TRUE THEN
BEGIN
JNO :=strtoint (edit2.Text );
HARGA :=5000;
JMNO := JNO * HARGA;
END
ELSE IF CheckBox2.Checked = TRUE THEN
BEGIN
JMIN :=0;
END;
END;

SUBTOTAL := JMIN + JMNO;
EDIT3.Text :=formatfloat('Rp#,##0.00',SUBTOTAL);

IF cstatus.Text = 'ANGGOTA' then
diskon :=subtotal * 0.1
else if cstatus.Text = 'NOANGGOTA' then
diskon :=0;
edit4.Text :=formatfloat('Rp#,##0.00',diskon);
total := subtotal - diskon;
edit5.Text :=formatfloat('Rp#,##0.00',total);

end;

buat listing program di tombol ulang 

procedure TFrental.ulangClick(Sender: TObject);
begin
cjenis.Text :='';
EDIT1.Text :='0';
EDIT2.TEXT :='0';
EDIT3.TEXT :='0';
EDIT4.TEXT :='0';
EDIT5.TEXT :='0';
cstatus.Text :='';
cjenis.SetFocus;
end;

Buat listing program ini di Tombol Keluar

procedure TFrental.keluarClick(Sender: TObject);
begin
 close;
end;

Bila sudah finis Lalu Run Dengan menekan F9, atau kenan tombol warna hijau pada taskbar. bila sukses maka program akan muncul spt yang diatas dan bila error ada perintah tanda merah pada listing program dan coba baca perintah kesalahannya agar diketahui...

Sukses selalu... OK



Posted in Label: | 0 komentar

Seleksi Kondisi pada Pascal

Hampir setiap program yang kompleks mengandung penyelesian kondisi. dengan menyeleksi suatu kondisi program dapat menentukan tindakan apa yang harus dikerjakan, tergantung dari hasil kondisi yang diseleksi tersebut. Untuk menyeleksi suatu kondisi di pascal dapat dipergunakan statement if dan statement case.
Mungkin banyak orang sudah mengerti bagaimana syntak2 dari pascal tetapi masih banyak tuh belum bisa bagaimana cara kerja dari pascal, Jadi ya kita disini sama2 Belajar ajah.. Pada bab ini saya akan memberi contoh-contoh program seleksi kondisi. Dalam menggunakan Seleksi kondisi kita dapat menggunakan IF ataupun Case. 
contoh soal :
1. Buatlah listing Program untuk mencari uang lembur pegawai dengan ketentuan sbb: 
a. uang lembur sebesar Rp. 5000 /jam.
b. bila jam kerja lebih dari 7 jam maka sisa jam kerja dianggap lembur.
c. bila jam kerja bukan diatas 7 jam, maka tidak dapat lembur.
listing programnya yakni :
program Gaji_lembur;
uses crt;
const 
       ul   = 5000;
        jk  = 7;
var
upl        :real;
jml,jl     : integer;
nama, alamat : string;
begin
clrscr;
gotoXY(20,2); writeln('--------------------------------------------);
gotoXY(20,4); writeln('    Menghitung Upah Lembur pegawai          ');
gotoXY(20,6); writeln('----------------------------------------- --');
gotoXY(20,8); write ('Nama pegawai :'); readln(nama);
gotoXY(20,10); write('Alamat  :'); readln(alamat);
gotoXY(20,12); write('Jumlah Jam Lembur :'); readln(jml);
                 
                IF jml >= jk Then
                       begin
                                  jl :=jml - jk;
                       end
                 else
                       begin
                                jl :=0;
                      end;
  gotoXY(20,14); writeln(' Upah lembur Pegawai :',upl);
  gotoXY(20,16); writeln('-------------------------------------- );
readln;
end.
apabila listing program dijalankan maka akan tampil :
 
2. inputkan nilai uts, uas, nilai tugas dan quiz trus cari nilai akhir mahasiswa apabila nilai akhir nya = tugas + quiz +  uts + uas /4, pa bila nilai akhirnya d  >=  85 maka gradenya A, >= 75 adalah B, >=65 adalah C, >=55 adalah D, <>
Program nilai_mahasisa;
uses crt;
var
uts,uas,tugas,quis :integer;
nm,kls,jur :string;
grade : char;
na:real;
begin
clrscr;
writeln('*******************************);
writeln('Nilai mahasisa);
writeln('******************************');
write('nama :');realdln(nm);
write('kelas :');realdln(kelas);
write('jurusan :');realdn(jur);
writeln('-----------------------------');
write('tugas:');readln(tugas);
write('quiz:');readln(quis);
write('uts:');readln(uts);
write('uas:');readln(uas);
writeln('----------------------------');
na:=(tugas + quis + uts + uas )/4;
writeln('nilai akhir :',na);
   if na >=85 then
         begin
               grade :='A';
         end
    else if na >=75 then
         begin
               grade :='B';
          end
    else if na >=65 then
         begin
              grade :='C';
           end
    else if na >=55 then
         begin
              grade :='D';
         end
    else
          begin
                 grade :=E');
           end;
    writeln(' grade :',grade);
readln;
end.
bila program ini di jalankan akan menampilkan sbb :
moga saja bisa membantu anda bagaimana cara kerja seleksi kondisi.  ok.. hehe..hehe.. maafin aja bila memang ada yg kurang bagus. aku tunggu kritik dan sarannya. Ok

Posted in Label: | 0 komentar

Statement pada pascal

Nah sekarang kita akan membahas statement - statement yang ada pada pascal.. 

Reserved Word

merupakan kata-kata baku yang digunakan program dan sudah terigreted dalam pascal dan juga memiliki bentuk dan kegunaan yang telah didefinisikan oleh pascal. reserved word tidak boleh didefinisikan kembali oleh pemakai, sehingga tidak dapat digunakan sebagai pengenal (identifier). dalam bahasa pemograman pascal beberapa reserved word dalam pascal antara lain :

selain dari reserved word diatas, turbo pascal masih memiliki tambahan reserved word berikut "

Absolute           assembler()              far                forward              index

1. beberapa statement pada pascal

statement/perintah adalah suatu perintah untuk mengerjakan program pascal. statement pascal terletak pada bagian deklarai statement dengan diawali oleh cadangan BEGIN dan diakhiri dengna kata cadangan  END. 

a. statement yang digunakan untuk input/output 

#read/readln : perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard kedalam suatu variabel.  ex : read = pada statemen ini posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya. sedang readln = posisi kursor akan berpindah ke baris selanjutnya setelah di input.

#readkey : Untuk pembacaan sebuah karakter dari keyboard tipe data yang dihasilkan adalah char. ex. penulisan : readkey;

#write/writeln : digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variabel dilayar. sintaks : write/writeln (x);

b. stateement yang digunakan unutk pengaturan letak layar.

#clrscr : perintah ini digunakan untuk membersihkan layar maksudnya  clear screen. sintaknya : clrscr;

#gotoXY : untuk menempatkan posisi kursor dilayar. Sintaknya : gotoXY (X,Y : byte);

ket : X : sumbu X (posisi horizontal) Y : (posisi vertikal).

#delLine : untuk menghapus sebuah pada posisi kursor dan menaikkan baris-baris dibawah. sintaknya : DelLine;

#InsLine : Untuk menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan menggeser kebawah tampilan-tampilan baris dibawahnya.  sintaknya : Insline;

#delay : untuk menghentikan sejenak proses program.  sintaks : Delay(MS : Word);

keterangan  : Variabel MS = Ukuran waktu dalam milisecond.

c. Statement yang digunakan untuk memanipulasi String.

#ContCat : Untuk menggabungkan 2 atau beberapa variabel string. Sintaknya : ConCat (s1[,s2,....sn] : string) : string;

#Copy : mengambil Satu atau beberapa karakter dari sebuah string. sintaknya : copy(S,index,count) : string;

ket : S = sebuah string(string). Index = posisi awal kita akan mengambil beberapa karakter(integer), Count = Banyaknya karakter yang akan diambil (integer).

Posted in Label: | 0 komentar

Pengenalan Turbo Paskal

Kalo denger turbo paskal jadi inget pertama kuliah dapet mata kuliah Algoritma eunk... waktu itu, gila gue belum tau bener yg namanya algoritma.. perasaan susah banget pahamnya.. waktu menginjak semester 2. dapat makul paskal.. gue kira lebih susah dari pada algoritma tapi ternyata?..... ternyata algorita itu tak sesulit yang dibayangkan. dengan belajar paskal aku jadi ngerti tuh yang namanya algoritma... padahal kan algoritma itu bahasa yang umum. yang penting mah dalam pemograman tuh logikanya sih.. kalo udah tau logikanya sih bahasa apa ajah bisa tuh di jajal...

bahasa pemograman mempunyai beberapa tingkatan yakni bahasa tingkat tinggi seperti Ada, modula -2, paska, cobolm fortran, basic. bahasa tingkat menengah spt : java, c++, c, forth. bahasa tingkat rendah spt : marco - assembler, assembler.
dari pernyataan diatas dapat kita lihat bahwa bahasa pemograman tingkat tinggi merupakan bahasa yang paling mudah dipahami karena bahasanya sudah menggunakan bahasa manusia yaitu bahasa inggris beda dengan bahasa lain masih menggunakan bahasa mesin.

1. sejarah singkat turbo paskal
paskal merupakn high level language yang berorientasi pada segala tujian, yang dirancang oleh professor niklaus wirth dari techical university di zurich, swirtzerland. nama paskal diambil sebagai penghargaan blaise pascal, seorang ahli matematika dan philosophi terkenal abad 17 dari perancis. niklauis wirth memperkanlkan paskal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (contorl data corporation) yang dipublikasikan pada thn 1971 dengan tujuan untuk membantu mengjar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemograman yang terstruktur. jadi paskal adalah bahasa untuk membuat program terstruktur.

Dalam waktu yang singkat, paskal telah menjadi bahasa pemograman yang populer di kalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. standar paskal adalah bahasa paskal yang didefinisakan oleh K. jensen dan niklaus wirth. penerapan nyata dari standar paskal banyak yang berbeda seperti telah didefinisakn oleh K. jensen dan niklaus wirth. standar paskal di eropa didefinisikan oleh ISO (internasional standart organization) dan di amerika oleh kerjasama antara ANSI (american national standart institute ) dengan IEEE ( intitute of electrical and electronic engineers).

2. Struktur Program Pascal
struktur program pascal terdiri dari sebuah judul program dan sebuah blok program atau badan program. blok program dibagi menjadi dua bagian bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (statement par). contoh program pascal sederhana :


dari program di atas apabila di run akan manghasilkan tampilan :


2.1 Deklarasi
Bagian deklarasi digunakan bila didepan program anda mengunakan pengenalan (identifier). identifier dapat berupa label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi seperti yang dijelaskan diatas. kalo suatu program menggunakan identifier, paskal menuntut supaya identifier tersebut dikenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini. contoh :



a) Deklarasi Konstanta
deklarasi ini digunakan apabila kita sudah mengetahui pasti nilai-nilai pada kontanta tersebut. definisi konstanta diawali dengan cadangan const diikuti oleh kumpulan identifier yang diberi suatu nilai konstanta. contoh :


b). Deklarasi Variabel
Merupakan deklarasi yang mempunyai nilai yang berubah-ubah nilainya didalam program. dalam penulisan pada program yaitu var dan nama variabelnya seperti string, integer, real dll dikuti dengna suatu lebih identifier yang dipisahkan tanda titik koma (;) contoh :



c) Deklarasi Tipe
Pascal menyediakan beberapa macam tipe dari data terdiri dari :
- tipe data sederhana (simple-type data)
tipe ini dibungkan dengan sebuah identifier untuk sebuah data . yang termasuk tipe data standar adalah tipe integer, real, char, string dan bolean.
- tipe data terstruktur (structure-type data)
terdiri dari beberapa data item yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. ada 4 macam tipe dari data struktur yaitu : array, record, file set
- tipe data petunjuk
data ini digunakan untuk membuat data terstruktur tipe dinamik.
contoh tipe data sederhana dan terstruktur :

d) Deklarasi Prosedur
Merupakan bagian yang terpisah dan dapat diaktifkan dimanapun didalam Program. prosedur dapat berupa prosedur standar maupaun prosedur yang akan dibuat sendiri. Penulisan dalam Programnya yakni procedure ( : );
contoh

e) Deklarasi Fungsi
fungsi juga merupakan bagian yang terpisah mirip dengan prosedur, tapi ada beberapa perbedaan. fungsi dapat berupa fungsi standar dan fungsi yang akan dibuat sendiri. bedanya dengan prosedur, kalo prosedur, hasil program bukan merupakan nama prosedur jadi harus memasukkan variable baru dalam prosedur. fungsi, hasil dari program adalah dari nama fungsi itu sendiri. contoh :



keterangan-keterangan lain yang terdapat pada paskal :

1. cara menggunakan unit
unit standar merupakan kode mesin yang sudah dikompilasi. dengan demikian penggunaan suatu unit akan dapat mempercepat waktu kompilasi program paskal anda. untuk mengunakan suatu unit maka harus meletakkan suatu anak kalimat Uses di awal blok program. diikuti dengan daftar nama unit yang digunakan. daftar unit terdiri dari system, crt, printer, dos dan graph.

a. unit system : ini adalah pustaka dari runtime turbo pascal yang mendukung semua proses yang dibutuhkan pada waktu runtime (pengerjaan program). unit sistem ini berisi semua prosedur dan fungsi standar dari pascal. unit sistem ini akan secara otomatis digunakam dalam program anda, sehingga tidak boleh disebutkan didalam anak kalimat uses (sebutkan juga boleh).
b. unit crt;
crt digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan kursor dilayar, color untuk teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya). unit ini hanya dapat digunakan oleh program komputer yang digunakan di komputer IBM PC, IBM AT, IBM PS/2 atau kompatibel dengannya. keuntungannya yakni tambahan kecepatan dan fleksibelitas dari operasi output dilayar.
c. unit printer
merupakan unit yang sangat kecil dirancang untuk penggunaan printer didalam program. bila program dijalankan maka harus disebutkan unit standar printer ini sebagai berikut :

uses printer;

d. unit dos : digunakan bila mana anda menggunakan prosedur-prosedur dan fungsi standar yang berhubungan dengan dos call, semacam gettime, settime, disksize, dll. contoh penulisannya,

uses dos;

bila program ini dijalankan maka akan tampil sisa dari isi hardisk di drive default yang sedang anda pergunakan.

e. unit graph : menyediakan suatu kumpulan rutin grafik yang cantik, sehingga anda dapat memanfaatkannya untuk keperluan-kepeluan pembuatan grafik.


Posted in Label: | 0 komentar


Statistik MLM Indonesia